THEM:Covenant merupakan TV series yang ditayangkan oleh Prime video pada tahun 2021. Series/Drama keluaran Amerika ini mengambil tema yang memang terjadi pada negara mereka. Salah satu dari sekian banyak perlakuan buruk antar manusia adalah diskriminasi etnis atau rasisme. Awalnya aku mengira ini movie/film saat melihat cuplikannya, ternyata bukan. Aku menonton ini sebagai ajang latihan bahasa inggri, tapi ternyata sulit juga tanpa sub indo. Saat memulai menonton ini, aku mengira ini sejenis dokumenter sejarah. Eh ternyata, setelah menonton 3 episode, aku baru mengetahui dari IMDb kalau genrenya horor. Jelas di sinopsis tertulis 'antologi horor', gubrak. FYI aku gak suka nonton horor. Hahaha.

Review Drama THEM Season 1:Covenant (2021)
Keluarga Emory : Lucky, Henry, Ruby dan Gracie



Terlanjur, dengan berbekal mengulang-ulang terus ayat kursi sebelum tidur agar tidak mimpi buruk. Aku melanjutkan menonton drama ini perlahan. 10 Episode saja untuk season 1. Makanya kau tidak melanjutkan menonton Season 2 nya, THEM: The Scare yang berjumlah 8 Episode.

THEM season satu mengambil latar belakang tahun 1950-an dimana perang dunia kedua usai dan semua pada bergerak menuju dunia 'modern'. Salah satunya mulai banyak penyetaraan hak-hak orang kulit hitam dengan kulit putih dimasa itu. Jadi salah satu keluarga veteran berkulit hitam pindah ke salah satu komplek yang seluruhnya orang kulit putih. Bahkan di perjanjian jual beli rumah itu, terdapat pernyataan kalau rumah di komplek itu tidak boleh dijual pada ras selain kaukasia (note: sekarang pengelompokan ras itu sudah tidak relevan ya guys).

Keluarga Emory menjadi tokoh utama dalam drama ini. Lucky Emory, Istri dari Henry Emory merasakan hal yang janggal saat penjual rumah mengatakan bahwa perjanjian itu sudah tidak berlaku lagi di era sekarang. Tinggal dicoret saja tulisan itu. Lucky pun berbesar hati dan meyakinkan diri bahwa di jaman sekarang sudah saat nya bisa berbaur, kulit hitam tidak lagi menjadi warga kelas dua. Mereka kaya dan memiliki martabat.

Sinopsis Drama THEM Season 1:Covenant (2021)
Manis kali lo keluarga kecil ini. Kenapa dijahatin sih setan :(

Tapi Lucky merasakan ada sesuatu yang aneh dari rumah mereka, apalagi setelah anaknya, Gracie terus menerus berhayal bahwa bu guru yang ada didalam buku bergambarnya menjadi nyata. Bahkan Gracie menyanyikan lagu anak-anak yang amat sangat rasis terhadap kulit hitam.

Namun hal-hal mistis ini langsung terpatahkan dengan melihat sikap dari seluruh tetangga Keluarga Emory yang berkulit putih. Di komplek itu, Keluarga Emory merupakan keluarga kulit hitam kedua yang membeli rumah disana. Seluruh penghuni komplek kompak menggangu keluarga Emory dengan memberikan ketidaknyamanan bagi mereka secara terang-terangan. Dimulai duduk berjemur di depan rumah Emory dan memutar musik dengan keras, membunuh anjing Emory sampai menggantungkan boneka-boneka kulit hitam di seluruh rumah keluarga Emory.

Review Drama THEM Season 1:Covenant (2021)
Villain satu ini meskipun akhirnya dia kena karma, aku tetep benci banget sama kelakuannya.

Sampai episode 7 kita akan menduga bahwa seluruh hal mistis itu akibat dari tekanan mental yang begitu besar terhadap keluarga ini sehingga memunculkan gangguan psikis pada setiap individu keluarga ini dengan berbeda-beda. Lucky yang trauma berat setelah bayi laki-lakinya dibunuh oleh sekelompok orang kulit putih yang mabuk sebelum mereka pindah ke rumah yang saat ini, Henry yang masih mengalami trauma perang dan mendapatkan diskriminasi terus-menerus ditempatnya bekerja, Ruby anak pertama mereka yang tidak punya teman disekolah sampai berkhayal memiliki teman imajiner dan Gracie putri kedua yang rasanya begitu menyebalkan saat kita melihat seluruh perilakunya tidak menolong untuk keluarga kecil ini. Yah, Gracie baru juga TK.

Namun episode 8 menguak semua alasan itu. Menuju kepada akhir cerita, seluruh sejarah dari rumah itu jauh dimasa lalu sampai kepada politik perumahan yang sengaja menawarkan komplek kepada orang kulit hitam agar orang kulit putih menjual rumah mereka dnegan harga murah dan menjual kembali kepada orang kulit hitam lain dnegan harga tinggi. Juga sedikit konflik agama, konflik praktik kesehatan mental, malpraktik di rumahsakit jiwa dan banyak lagi isu yang dimasukkann sebagai tambahan yang cukup menarik untuk kita ketahui. Yah, kita tau Amerika dan segala keburukannya, ini biar semakin tau kebobrokan negara yang katanya polisi dunia lah, negara bebas, paling modern dan sebagainya itu.

Hanya saja seperti agenda Amerika pada umumnya, ada sedikit scene lgbt diselipkan pada salah satu episodenya. Tidak kaget, tapi diharap yang menonton bijak dalam mengambil pesan dari setiap tayangan yang kita lihat, bukan?

Overall kalau ini gaada setan-setanan nya aku kasih rating 8/10 sih. Cukup membuatku membuka mata untuk mencari tau lebih lanjut semengerikan apa isu rasisme terhadap orang kulit hitam dimasa lampau. Cuma karena ada hantu-hantu itu, kita kuranginya 0,5. Hati kecilqu tidak sanggup melihatnya. Jadi aku skip-skip. Untung tidak terlalu mengganggu jalan cerita.

Okeh gitu aja bagi yang suka horor dan perasaan gak nyaman, monggo ditonton. Btw Prime Video murah loh di telkomsel.